Tradisi Yang Selalu Melekat Pada Turki

Tradisi Yang Selalu Melekat Pada Turki

Tradisi Yang Selalu Melekat Pada Turki

Tradisi yang selalu melekat pada Turki. Turki menelan kekalahan 0-1 atas Kroasia pada laga pertamanya di Piala Eropa 2016. Hasil itu melanjutkan tradisi buruk Turki di laga-laga pembuka setiap turnamen yang diikuti.

Satu gol dari gelandang Kroasia Luka Modric di Parc des Princes, Paris, Minggu (12/6/2016) malam WIB, menjadi pembeda dalam pertandingan pertama di Grup D tersebut.

Untuk Turki, kekalahan ini meneruskan tradisi kesialan, dari enam keikutsertaan dalam turnamen, dua Piala Dunia dan empat Piala Eropa, mereka selalu kalah di laga pertama pada fase grup di putaran final.

Pada laga-laga pembuka itu, Turki kalah 1-4 dari Jerman Barat di Piala Dunia 1954 dan tunduk 1-2 dari Brasil di Piala Dunia 2002.

Sedangkan pada laga-laga pertamanya di Piala Eropa, Turki juga kalah 0-1 dari Kroasia di Euro 1996, lalu tunduk 1-2 di tangan Italia pada Euro 2000, dan 0-2 dari Portugal di Euro 2008.

Pun demikian, kekalahan teranyar malam ini tak bisa langsung membuat Turki dicoret begitu saja karena beberapa kali mampu bangkit dari kekalahan tersebut dan terus melaju.

Hal ini setidaknya tercermin dari Piala Dunia 2002 saat Turki finis ketiga, juga di Euro 2000 ketika menembus perempatfinal, dan di Euro 2008 saat sampai ke semifinal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *